Rabu, 09 Maret 2011

Honda City

Honda C merupakan kendaraan sedan yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Honda sejak tahun 1981 untuk pasaran Asia. Honda City pertama kali diluncurkan tahun 1981 dengan kendaraan 3 pintu. Di Indonesia, harga mobil ini mulai 260 juta Rupiah (OTR Jakarta 2010).

Generasi Pertama (AA/FV/FA) (1981-1986)Honda City generasi pertama diperkenalkan November 1981. Diperkenalkan pertama kali dengan hatchback 3 pintu, mobil ini sangat populer di pasar Jepang karena pengaturan kursinya yang baik sehingga bisa menciptakan ruang yang lapang.




Generasi Kedua (1986-1994)
Honda mengganti City dengan generasi keduanya tahun 1986, mengalami perubahan yang lebih membulat. Model ini diproduksi terus sampai tahun 1994. Sudah mengadopsi lampu kotak, tidak lagi lampu bulat seperti generasi sebelumnya.



Generasi Ketiga (1996-2002)
Honda City generasi ketiga muncul tahun 1996 dan ditujukan hanya untuk pasar Asia Tenggara saja. Honda City mengisi pasar kendaraan subkompak di bawah Honda Civic, dan dirakit di beberapa negara diantaranya Pakistan, Thailand, Malaysia, Indonesia, Philippines dan India.

Versi pembaharuan minornya muncul pada tahun 2000 dan mesinnya menggunakan 1.5L VTEC.

Akselerasi dari 0-100 km/jam berkisar 10 detik.

Generasi Keempat (2002-2008)
Bulan November 2002, Honda City generasi keempat diluncurkan dan versi penggerak empat roda juga tersedia. Memulai debutnya di Thailand International Motor Expo 2002. Di Jepang, mobil ini dinamai Fit Aria dan diimpor dari Thailand. Di RRC, mobil ini dinamai Fit Saloon dan mulai dijual dari September 2003 dan berakhir Desember 2008.

Bulan September 2005, pembaharuan minor pada City diluncurkan di Thailand. Bulan Oktober 2005 diluncurkan di Malaysia, dan November 2005 di Indonesia. Perubahan minor ini terjadi di eksteriornya (gril depan, lampu depan baru, lampu kabut baru, lampu belakang dan bumper baru).

Kaca spionnya juga sudah diganti menjadi elektronik. Varian Honda City i-DSI dan VTEC sudah menggunakan velg aluminium 14 inchi sebagai standar. Tambahan lainnya adalah armrest bagi penumpang depan dan juga lampu baca.

Honda City di Thailand, Indonesia, Filipina, Pakistan, Singapura, dan Malaysia menggunakan gearbox CVT untuk semua varian (i-DSI dan VTEC). Gearbox CVT menggunakan transmisi otomatis 7-speed dengan tiptronik yang dikendalikan menggunakan tombol paddle shift.

Generasi Kelima (2008-sekarang)
Honda City terbaru diluncurkan di Bangkok, Thailand tanggal 10 September 2008, diikuti New Delhi pada 25 September 2008. Di Indonesia, Pakistan, dan Filipina, mobil ini diluncurkan pada Januari 2009. Di Eropa, Honda akan meluncurkan New City ini dengan mesin 1.4L VTEC. Honda City di Indonesia diluncurkan dengan mesin 1.5L i-VTEC (tenaga maks.120 hp/6600rpm, torsi maks. 14,8kgm/4800rpm)), dengan transmisi manual dan otomatis.

Honda Guangzhou sedang mengembangkan Honda Civic yang dasarnya dari sasis Honda City. Akan menggunakan nama baru dan juga eksterior baru dan mesin 1.8L.
Di Malaysia, Honda City baru diluncurkan 18 Desember 2008.
Pertama kali di luar Asia, Honda City dibuat dan dijual di Brazil dan eksport ke Mexico dan negara Latin Amerika daripada Agustus 2009.

Harga Baru th 2011: Rp 259.500.000
Harga 2nd th 2006 : Rp 165.000.000
Read More..

Senin, 07 Maret 2011

Toyota Corolla


Toyota Corolla adalah mobil kompak yang terlaris di dunia, lebih dari 30 juta unit terjual dari tahun 1966 sampai sekarang. Corolla tidak hanya diproduksi di Jepang, tetapi juga di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Thailand, Inggris, Turki, serta beberapa negara lain.

Corolla bermesin 4-silinder bensin dan di Jepang serta Eropa juga dipasarkan dengan mesin diesel. Bentuk body Corolla yang paling umum adalah Sedan 4-pintu. Model body lain yang tersedia adalah Station Wagon, dan Hatchback 3 dan 5 pintu. Model sport berbentuk Coupe 2-pintu pernah diproduksi dari tahun 1970-an sampai 1999 dengan nama Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Pada tahun 1980-an, Levin dan Trueno juga tersedia dalam bentuk Liftback 3-pintu.

Kompetitor Corolla yang utama adalah Honda Civic, Nissan Sunny atau Sentra, Mitsubishi Lancer, Mazda 323 yang kemudian digantikan oleh Mazda3, dan Subaru Impreza.

Generasi Pertama (1966-1970)

Mobil kecil yang sederhana bermesin 2K 1100 cc yang diberi kode KE10 untuk Sedan, KE15 untuk Coupe, atau KE16 untuk Wagon. Model facelift bermesin 3K 1200 cc diberi kode KE11 untuk Sedan, KE18 untuk Wagon dan KE17 untuk Sprinter Coupe.




Generasi Kedua (1971-1974)

Corolla 20-series lebih besar dari pendahulunya. Ini merupakan model Toyota yang sukses di seluruh dunia. Mesin yang digunakan adalah 3K(1200 cc), 3K-B(1200 cc dengan 2 karburator), T(1400 cc), 2T(1600 cc), dan 2T-G(1600 cc DOHC) berkemampuan tinggi. Pada tahun 1972 diperkenalkan model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Corolla Levin menjuarai Press on Regardless Rally di Amerika, dan 1000 Lakes Rally di Finlandia. Di Indonesia, Corolla generasi ini yang pertama kali dijual ke pasar.
Read More..

Honda Jazz


Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor Company. Mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi keduanya. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Sampai tahun 2007, telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia.

Honda Jazz Generasi Pertama
Honda Jazz memulai debutnya pada tahun 2001 di Jepang, kemudian di Eropa dan Australia tahun 2002, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara tahun 2003, China tahun 2004, dan Meksiko tahun 2005. Mobil ini sendiri baru dipasarkan di Kanada dan AS tahun 2006. Di Indonesia sendiri dijual akhir tahun 2003.

Model

Honda Jazz dijual dalam 6 variasi (semuanya mesin 4 silinder segaris), antara lain:

* GD1: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (Eropa: 1.4L)
* GD2: 1.3 L L13A i-DSI 4WD (hanya Jepang)
* GD3: 1.5 L L15A 2WD
* GD4: 1.5 L L15A VTEC 2WD (hanya Kanada, AS,Meksiko dan indonesia)
* GD5: 1.5 L L15A 4WD (hanya Jepang)
* GD6: 1.2 L L12A i-DSI 2WD (hanya Eropa)
* GE3: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (dibuat di China)

Mesin

Tergantung dari wilayahnya, mesin Honda Jazz terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) atau 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Semua mesin Honda Jazz sudak menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.

Transmisi

Transmisi Honda Jazz menggunakan manual 5 speed, otomatis 5 speed, dan CVT (Continuously Variable Transmission) sesuai dengan area. Transmisi CVT tidak tersedia di Amerika Serikat. Transmisi CVT-7 dikontrol menggunakan paddle shift yang diletakkan di belakang kemudi.

Keamanan

Varian Honda Jazz tertinggi, VTEC ABS/ SRS dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA(Brake Assist). Perlengkapan keamanan lainnya adalah 2 kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan.

Akomodasi

Honda Jazz memiliki akomodasi yang luas meski ruang kabinnya kecil. Hal itu karena Honda menempatkan tangki BBM di bawah kursi penumpang depan, sehingga bagian belakang lebih lega. Fleksibilitas yang tinggi ini dinamakan Ultra Seat, dan memiliki 3 mode yaitu utility mode (dengan melipat kursi belakang akan menciptakan ruangan yang datar), long-cargo mode (dengan melipat sebagian kursi belakang dan kursi penumpang depan sehingga memuat barang yang panjang s/d 2.4 meter), dan tall-cargo mode (dengan melipat dudukan kursi belakang, didapatkan tinggi maks. 1.3 meter)

Honda Jazz Generasi Kedua

Honda Jazz generasi kedua diperkenalkan 17 Oktober 2007 di Tokyo Motor Show. Mobil ini menawarkan wheelbase yang lebih panjang, lebih lebar, dan panjangnya juga bertambah secara keseluruhan. Tersedia mesin 1.3L i-VTEC (tenaga maksimum 98hp (73 kW), torsi 133 N·m/4,500 rpm) dan 1.5L i-VTEC (tenaga maksimum 120 h, torsi 144 N·m/4,800 rpm p). Mulai dijual di Indonesia awal tahun 2008.

Harga baru th 2011

New Jazz RS 1.5 L M/T : Rp 212.500.000
New Jazz RS 1.5 L A/T : Rp 222.500.000
New Jazz S 1.5 L M/T : Rp 197.000.000
New Jazz S 1.5 L A/T : Rp 207.000.000
Harga bekas th 2008
New Jazz RS 1.5 L A/T : Rp 180.000.000
New Jazz S 1.5 L A/T : Rp 136.500.000
Read More..

Minggu, 06 Maret 2011

Toyota Soluna

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Soluna pada April 2000, setelah sempat tertunda akibat krisis. Di kelasnya, sedan 1.500 cc ini harus berhadapan dengan rival-rival beratnya, Honda City dan Suzuki Baleno, yang sudah lebih dulu muncul dan diterima pasar.

Soluna pun menjadi taruhan nama besar Toyota. Mengusung mesin keluarga Starlet yang terkenal andal tipe 5E-FE dan kepala silinder twincam milik Great Corolla, serta dilengkapi sistem injeksi elektronik.

Walaupun teknologi yang dibawanya bukan baru, tapi konsumsi bahan bakar yang hemat membuat Toyota begitu yakin Soluna mampu bersaing di pasar. Pemakaian bbm kombinasi yang mencapai 14 km/1 merupakan senjata utamanya.

Konstruksi suspensi Soluna mirip Toyota Starlet, yakni McPherson strut untuk roda depan dan torsion beam di belakang menjadikan Soluna cukup stabil dalam akselerasi. Walau efeknya berimbas bantingan Soluna agak keras dibanding kompetitornya.

Kelebihan berupa konsumsi bbm irit dan luasnya jaringan bengkel Toyota, serta murahnya harga suku cadang membuat penjualan Soluna di awal cukup mengagumkan. Ketangguhan Small Sedan Toyota ini kemudian menarik perhatian para pemilik armada taksi.

Dan dalam waktu tidak lama, hampir seluruh perusahaan taksi ramai-ramai menggunakan Soluna sebagai armadanya. Penggunaan sebagai armada taksi memang bisa membuktikan ketangguhan sebuah mobil, namun di sisi lain image taksi yang menempel kuat pada Soluna membuat penjualannya kurang menggembirakan.

Itu sebabnya PT TAM kemudian melakukan perombakan tampilan Soluna agar tampil lebih modis। Antara lain mengubah desain lampu belakang dan pelek aluminium alloy. Namun tetap saja, image sedan hemat bbm ini sebagai taksi semakin kuat, sehingga mengganggu daya tariknya ke konsumen.

Key History 2000-2001:

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Soluna pada April 2000. Mengusung kapasitas mesin 1.498 cc, 4 silinder twincam bertenaga 95 dk di 6.500 rpm, dan torsi 12 kgm/4.800 rpm.

Soluna produksi awal dapat dilihat pada desain lampu mundur yang masih menyatu dalam satu cluster dengan sein dan lampu belakang. Ada tiga varian yang ditawarkan: XLi, GLi, dan GLi A/T. Soluna GLi sudah dilengkapi power window, central lock, remote alarm, electric mirror dan takometer, sedangkan XLi tidak dilengkapi fitur tersebut.

2001-2003:

Perubahan lain adalah pada desain bumper depan-belakang, serta pelek alloy standarnya. Pembenahan minor ini membuat Soluna terlihat lebih modis dan manis. Kemudian PT TAM juga mengeluarkan tambahan varian GLi S-Limited bagi konsumen yang menyukai tampilan sporty.

CHECKLIST Mesin

DAPUR pacu Soluna dikenal andal dan irit bbm. Namun jika sudah dimakan usia, mesin Toyota berkapasitas 1.498 cc ini, seringkali mengalami kebocoran koil, karena posisinya menyatu dengan distributor. Gejalanya mesin agak pincang saat putaran stasioner, karena arus listrik ke busi terganggu. Solusinya, Anda harus mengganti distributor dengan yang baru.

Suspensi

KAKI-KAKI Soluna termasuk tangguh, itu sebabnya ia banyak digunakan sebagai armada taksi. Sayang bantingannya agak keras, karena lebih mengandalkan konstruksi torsion beam seperti milik Starlet yang kuat untuk kedua roda belakang.

Central door lock

SISTEM central lock termasuk kuat, namun jika dilengkapi alarm, sinkronisasi keduanya kadang kurang harmonis. Pengoperasian remote alarm dan central lock kerap tidak bekerja berbarengan, seperti alarm bekerja tetapi central lock tak berfungsi atau sebaliknya. Solusinya naikkan tingkat sensistivitas alarm agar dapat bekerja maksimal.

Key History 2000-2001:

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Soluna pada April 2000. Mengusung kapasitas mesin 1.498 cc, 4 silinder twincam bertenaga 95 dk di 6.500 rpm, dan torsi 12 kgm/4.800 rpm.

Soluna produksi awal dapat dilihat pada desain lampu mundur yang masih menyatu dalam satu cluster dengan sein dan lampu belakang. Ada tiga varian yang ditawarkan: XLi, GLi, dan GLi A/T. Soluna GLi sudah dilengkapi power window, central lock, remote alarm, electric mirror dan takometer, sedangkan XLi tidak dilengkapi fitur tersebut.

2001-2003:

Toyota melakukan facelift pada Soluna, meski perbedaannya tidak banyak dibanding model lawas. Ciri New Soluna adalah lampu mundur yang terpisah dari cluster lampu belakang dan sein yang kini bermodel diamond cut reflector. Selain itu, lampu depannya juga sudah menggunakan model diamond cut reflector.

Perubahan lain adalah pada desain bumper depan-belakang, serta pelek alloy standarnya. Pembenahan minor ini membuat Soluna terlihat lebih modis dan manis. Kemudian PT TAM juga mengeluarkan tambahan varian GLi S-Limited bagi konsumen yang menyukai tampilan sporty.

Hemat banget....

BUDI Hartono, 41 tahun, tidak peduli akan image taxi. Baginya kendaraan yang diidamkan, nyaman buat keluarga dan hemat bahan bakar. Syukur-syukur onderdilnya murah dan bengkelnya tersebar di mana-mana. Itu alasannya memilih Toyota Soluna.

"Ternyata pilihanku tidak meleset. Mobilnya nyaman, hemat bbm dan harga spare part-nya murah dan gampang dicari," puji Budi panggilan kesehariannya, di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut ayah dua anak ini, saat pulang ke kampung halamannya di Mojokerto, JawaTimur, Soluna hanya menghabiskan sekitar 45 liter saja. Sedangkan ketika jalan-jalan ke Sukabumi pulang-balik pun cukup dengan 16 liter.

Dibanding harga spare part milik Toyota Kijang, menurutnya masih jauh lebih murah Soluna. "Belum lama aku ganti kampas, bearing lengkap sama matahari-nya, harganya cuma delapan ratus ribu. Sedangkan temanku dengan onderdil yang sama harganya mencapai satu juta dua ratus ribu," ujar Budi meyakinkan.

Selama lebih dari enam tahun menggunakan Soluna, menurut pemborong bangunan ini, tidak pernah rewel atau mogok di jalan. Bahkan katanya, nyaris tanpa kerusakan yang berarti. Pendeknya, rugi memiliki Soluna.

CHECKLIST Mesin

DAPUR pacu Soluna dikenal andal dan irit bbm. Namun jika sudah dimakan usia, mesin Toyota berkapasitas 1.498 cc ini, seringkali mengalami kebocoran koil, karena posisinya menyatu dengan distributor. Gejalanya mesin agak pincang saat putaran stasioner, karena arus listrik ke busi terganggu. Solusinya, Anda harus mengganti distributor dengan yang baru.

Suspensi

KAKI-KAKI Soluna termasuk tangguh, itu sebabnya ia banyak digunakan sebagai armada taksi. Sayang bantingannya agak keras, karena lebih mengandalkan konstruksi torsion beam seperti milik Starlet yang kuat untuk kedua roda belakang.

Central door lock

SISTEM central lock termasuk kuat, namun jika dilengkapi alarm, sinkronisasi keduanya kadang kurang harmonis। Pengoperasian remote alarm dan central lock kerap tidak bekerja berbarengan, seperti alarm bekerja tetapi central lock tak berfungsi atau sebaliknya। Solusinya naikkan tingkat sensistivitas alarm agar dapat bekerja maksimal.

Author:Sasmita Pribadi
Read More..